7 Benua Terbesar Di Dunia Lengkap Dari Terluas Sampai Terkecil

00.36
Benua terbesar di dunia terdapat dalam salah satu dari benua besar ini. Finsgeo akan mengkaji benua terbesar di dunia yang ada di bawah ini, apakah benua tersebut?

Benua Terbesar Di Dunia

Ada sekitar 7 benua besar di dunia, namun dari semuanya tentunya ada satu yang paling besar. Benua terbesar di dunia adalah Benua Asia, sedangkan untuk benua terkecil di dunia adalah Benua Australia. Seperti halnya Indonesia yang terletak di antara benua terbesar dan terkecil yakni Benua Asia dan Australia.

Benua apakah yang terluas di dunia?

Ada berbagai kenampakan di bumi. Kenampakan alam dapat dilihat pada daratan dan perairan. Bentuknya juga sangat beragam, ada yang besar dan ada pula yang kecil.

benua terbesar di dunia adalah
Source: mapsofworld.com
Benua adalah daratan yang sangat luas, sedangkan samudera adalah perairan yang sangat luas. Lantas benua apakah yang terluas di dunia? seperti halnya benua terbesar di dunia, benua yang terluas di dunia adalah Benua Asia pula.

Benua apa saja yang ada di dunia? 

Sudah tau pengertian benua? di bumi ada sekitar 7 benua terbesar di dunia, mulai dari urutan benua yang terbesar hingga terkecil yaitu Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika Utara, Benua Amerika Selatan, Benua Antartika, Benua Eropa, dan Benua Australia. Untuk mengetahui lebih jelas dapat disimak dalam ulasan berikut.

Source: mapsinternational.co.uk

1. Benua Asia

Benua Asia adalah benua terbesar di dunia sekaligus yang terluas dan paling padat. Memang menjadi benua yang paling besar, namun juga dihuni oleh banyak penduduk pula.

Benua Asia memiliki sekitar 45 negara yang terbagi dalam enam wilayah yaitu Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Utara, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Timur. Beberapa negara yang terdapat di Asia dan berpengaruh di dunia adalah Indonesia, Singapura, Saudi Arabia, Jepang, Rusia, dan China.

2. Benua Afrika 

Selanjutnya benua terluas di dunia adalah benua Afrika. Benua Afrika dapat dikatakan sebagai benua terkering di dunia pula serta didominasi dengan ras berkulit hitam.

Benua Afrika memiliki jumlah negara yang cukup banyak yaitu sekitar 54 negara. Benua Afrika secara geografis terbagi menjadi beberapa wilayah yaitu Afrika Timur, Afrika Tengah, Afrika Barat, Afrika Utara, dan Afrika Selatan. Beberapa negara di setiap wilayah yaitu Madagaskar di Afrika Timur, Zimbabwae di Afrika Selatan, Nigeria di Afrika Barat, dan Kongo di Afrika Tengah.

3. Benua Amerika Utara

Benua terbesar di dunia ke tiga adalah Benua Amrika Utara. Benua tersebut posisinya bersebelahan dengan Benua Amerika Selatan. Luas daratannya sekitar 16,5% dari total daratan di bumi.

Benua Amerika Selatan memiliki 23 negara. Negara adikuasa juga berada dalam benua ini yaitu Amerika Serikat yang menjadi poros kemajuan peradaban. Amerika Utara terbagi menjadi 3 sub wilayah yaitu sub wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah, serta Karibia. Beberapa negara yang terdapat pada masing-masing sub wilayah adalah Amerika Serikat dan Kanada berada di sub wilayah Amerika Utara, serta El Savador berada di sub wilayah Amerika Tengah.

4. Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan adalah benua terbesar di dunia ke empat. Benua Amerika memiliki luas daratan 12% dari total daratan di bumi.

Dalam Benua Amerika Selatan terdapat beberapa negara yang cukup terkenal di dunia dari berbagai bidang. Ada sekitar 12 negara yang dapat ditemukan di benua Amerika Selatan yaitu, Brazil, Argentina, Peru, Columbia, Chili, Ekuador, dan lainnya.

Benua Amerika memiliki bentuk pulau yang menyerupai ekor karena bentuk daratannya yang menjorok ke lautan. Benua Amerika Selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

5. Benua Antartika 

Benua Antartika merupakan benua terkecil di dunia yang ketiga dan yang paling sedikit dihuni orang karena berada di kutub utara bumi serta sebagian wilayahnya ditutupi salju dan es. Benua Antartika dihuni oleh suku eskimo.

Seiring berjalannya waktu, benua Antartika semakin ramai didatangi orang sehingga peradaban modern mulai ada di benua tersebut. Penduduk yang tinggal di benua tersebut masih sangat sedikit. Tidak ada negara di benua Antartika karena benua tersebut tidak digunakan seperti halnya benua yang lain.

6. Benua Eropa

Benua Eropa dapat dikatakan sebagai benua terkecil nomor dua. Beda halnya dengan benua terbesar di dunia, jika dilihat luasnya memang tak seberapa daripada benua lainnya, namun Benua Eropa dikenal sebagai benua yang sangat maju, mulai dari budaya, ilmu pengetahuan, dan peradabannya.

Benua Eropa seringkali menjadi tujuan wisata bagi orang dari seluruh dunia. Benua yang banyak melahirkan ilmuwan ini memiliki 42 negara di dalamnya serta terkenal dan menjadi tujuan orang untuk mencari ilmu seperti Jerman, Belanda, Spanyol, Italia, Inggris, Swedia, dan Perancis.

7. Benua Australia

Benua terkecil di dunia adalah Benua Australia, biasanya digabung dengan Benua Oseania. Benua Australia terletak di sebelah selatan Indonesia.

Benua Australia memiliki luas daratan sekitar 5,9% dari total luas daratan di bumi, dan terdiri dari 14 negara. Wilayah Benua Australia dan Oseania terbagi menjadi beberapa sub wilayah yaitu Australia/ Selandia Baru, Micronesia, Melanesia, dan Polynesia.

Beberapa negara yang terdapat di setiap sub wilayah antara lain, Australia dan Selandia Baru, Papua Nugini di sub wilayah Melanesia, Samoa di sub wilayah Polinesia, dan Kepulauan Marshall di sub wilayah Mikronesia.

Sekarang sudah tau benua terbesar di dunia? Benua terbesar dan terluas di dunia adalah Benua Asia. Jadi itulah 7 benua besar di dunia yang perlu kalian ketahui. Selanjutnya Anda bisa belajar tentang karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia.