Karakteristik Wilayah Daratan Dan Perairan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

00.08
Karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat dilihat dari letak geografisnya. Posisi strategis Indonesia berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta di antara benua Asia dan Australia memberikan banyak potensi sumber daya yang dapat dikelola untuk masa depan, namun pemanfaatan potensi sumber daya harus optimal dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup pula.

Karakteristik Wilayah Daratan Dan Perairan Indonesia

Adapun karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia akan dijelaskan finsgeo sebagai berikut.

karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia
Source: geology.com

Karakteristik Daratan Indonesia

Karakteristik wilayah daratan Indonesia terdiri dari kepulauan yang berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia serta berada di wilayah dengan iklim tropis.

Terletak di antara dua benua membuat wilayah Indonesia memiliki keanekaragaman hayati. Wilayah Indonesia bagian barat terdapat flora dan fauna Asia, sedangkan wilayah bagian tengah terdapat flora dan fauna peralihan, sedangkan Indonesia wilayah bagian timur dipenuhi flora dan fauna benua Australia.

Karakteristik Indonesia yang berbentuk kepulauan menjadikan suku dan budaya Indonesia beragam karena setiap pulau memiliki perkembangan sejarah tersendiri yang memunculkan berbagai macam kebudayaan.

Pertemuan dua benua tersebut juga menjadikan pertemuan dua lempeng patahan bumi sehingga banyak gunung berapi yang ada di Indonesia. Hal itulah yang membuat Indonesia memiliki lahan subur dari endapan abu vulkanis, namun hal itu juga membuat Indonesia menjadi rentan terhadap letusan gunung berapi.

Karakteristik Perairan Indonesia

Karakteristik wilayah perairan Indonesia yaitu terletak di antara dua samudera yang memiliki sumberdaya alam yang melimpah. Terletak di antara dua samudera membuat lautan Indonesia menjadi pertemuan dua arus lautan, dan menjadi jalur perdagangan internasional.

Lokasi Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia dapat menerima banyak sinar matahari dan mendukung pertumbuhan plankton sehingga kaya akan keanekaragaman hayati.

Keanekaragaman hayati tersebut dapat dilihat dari banyaknya terumbu karang yang ada di lautan Indonesia seperti Bunaken, Raja Ampat, Wakatobi, dan sebagainya.

Masih banyak potensi alam yang dapat ditemukan dari karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia. Selanjutnya Anda dapat mempelajari negara maju di Asia.