Letak Astronomis Asia Tenggara Dan Apa Pengaruhnya?

20.45
Letak astronomis Asia Tenggara dapat dilihat dari garis lintang dan bujur, sedangkan letak geografis Asia Tenggara dilihat dari batas wilayah yang ada di sekitarnya. Finsgeo kali ini akan mengkaji letak astronomis dan geografis serta pengaruhnya.

Letak Astronomis Asia Tenggara

Letak astronomis Asia Tenggara berada di antara 28°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT. Letak astronomis kawasan Asia Tenggara posisinya sangat mempengaruhi iklim yang ada pada masing-masing negara di Asia Tenggara yaitu iklim tropis.

Jika kalian berada di sekolah pernah ditanya seperti ini, jelaskan letak astronomis Asia Tenggara? kalian dapat menjawab secara singkat seperti di atas.

letak astronomis asia tenggara
Source: tantric-abuse.blogspot.com

Jelaskan pengaruh letak astronomis Asia Tenggara terhadap iklim pada kawasan tersebut?

Letak astronomis Asia Tenggara memberikan dampak serta pengaruh yang signifikan, salah satunya yaitu pengaruh iklim.

Pengaruh Letak Astronomis Asia Tenggara 

Pengaruh letak astronomis Asia Tenggara terletak di daerah khatulistiwa sehingga wilayah Asia Tenggara menerima cahaya matahari sepanjang tahun.
  • Adanya doldrum menyebabkan wilayah Asia Tenggara terbebas dari badai besar seperti antisiklon dan siklon.
  • Letak astronomis Asia Tenggara menyebabkan negara-negara di Asia Tenggara memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. 
  • Rata-rata negara di Asia Tenggara beriklim tropis dengan ciri-ciri yaitu curah hujan tinggi karena pengaruh angin muson barat dan suhu udara panas karena berada di garis ekuator. 
  • Memiliki tanah subur karena terkena sinar matahari sepanjang tahun dan sangat bermanfaat untuk berbagai tanaman. 
  • Dampak letak astronomis Asia Tenggara lainnya yaitu akan menimbulkan curah hujan yang cukup tinggi. 

Pengaruh Sosial Karena Letak Astronomis Asia Tenggara

Negara Asia Tenggara memiliki budaya yang beragam. Kekayaan budaya tersebut tak terlepas dari lingkungan di sekitarnya. Di Asia Tenggara, banyak budaya yang khas dan beragam.

Pengaruh Ekonomi Karena Letak Astronomis Asia Tenggara

Negara di Asia Tenggara memiliki hasil rempah dan perkebunan yang baik karena beriklim tropis akibat letak astronomis Asia Tenggara. Dengan adanya iklim tropis, banyak tanaman yang dapat hidup di Asia Tenggara serta membantu ekonomi wilayah. 

Jadi letak astronomis Asia Tenggara berada pada 28°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT. Salah satu pengaruhnya yaitu beriklim tropis sehingga banyak tanaman yang bisa tumbuh di Asia Tenggara. Selanjutnya kalian bisa belajar tentang benua terbesar di dunia