Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas? Ini Jawabannya

00.03
Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas? Anda pasti sering mendengar pertanyaan tersebut apalagi saat berada di sekolah pelajaran ekonomi. Pertanyaan ini kerap muncul dan menghantui Anda yang tidak tau jawabannya.

Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Bersifat Terbatas?

Kunci jawaban mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas secara singkat adalah barang-barang kebutuhan manusia jumlahnya semakin terbatas, sedangkan kebutuhan manusia semakin bertambah, baik jumlah ataupun jenisnya.

mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas

Kebutuhan dan Alat Pemuas Kebutuhan

Kebutuhan manusia selalu berkembang seiring berkembangnya zaman. Dulu kebutuhan yang belum ada, sekarang banyak menjadi kebutuhan manusia, contohnya saja adalah ponsel. Manusia dituntut agar dapat menyediakan alat pemuas kebutuhan, baik yang dapat langsung diambil dari alam atau diproduksi terlebih dulu.

Apa Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan?

Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orang biasanya menyamakan kebutuhan dengan keinginan. Terkadang orang menyebut sesuatu sebagai kebutuhan, padahal itu berupa keinginan. Anda harus bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Keduanya punya arti yang berbeda.

Kebutuhan adalah keinginan terhadap barang atau jasa yang harus dipenuhi, dan jika tidak dipenuhi akan menyebabkan dampak negatif, seperti minum obat untuk orang sakit adalah kebutuhan, karena jika tidak minum obat akan bertambah parah.

Kebutuhan harus dipenuhi, sedangkan keinginan tidak harus dipenuhi. Contoh keinginan yaitu jika Anda ingin membeli baju model baru, padahal di rumah sudah ada banyak baju, keinginan tersebut jika tidak dipenuhi tidak akan membawa dampak negatif.

Jelaskan Alasan Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas? 

Lantas mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas? Kembali lagi pada pertanyaan tersebut. Manusia punya banyak kebutuhan. Kebutuhan manusia berkembang seiring perkembangan zaman dan bertambahnya usia. Saat masih kecil, Anda belum membutuhkan kendaraan. Saat masuk ke SMA Anda sudah membutuhkan kendaraan. Masih banyak contoh kebutuhan yang dulunya belum dibutuhkan, namun kini menjadi kebutuhan.

Setiap orang ingin semua kebutuhannya selalu terpenuhi. Namun alat pemuas kebutuhan yang dimiliki tiap orang jumlahnya terbatas. Oleh karena itu, Anda harus dapat membuat skala prioritas terhadap kebutuhan yang akan dipenuhi. Manusia harus mendahulukan kebutuhan yang penting agar dapat tercapai tingkat kepuasan maksimal.

Penyebab Alat Pemuas Kebutuhan Terbatas

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan selalu bertambah sehingga perlu disediakan alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa. Jumlah barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan relatif terbatas. Dalam kenyataannya, memang tampak jumlahnya cukup banyak. Lantas timbul pertanyaan mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas? terbatas bukan berarti sulit diperoleh, namun dapat diartikan sebagai alat pemuas kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Contoh Alat Pemuas Kebutuhan Yang Terbatas

Anda tentu pernah mendengar kabar dalam beberapa waktu lalu pernah terjadi kelangkaan minyak tanah, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk mendapatkannya.

Dalam bidang pertanian. Anda mendengar jika setelah masa tanam selesai akan ada pemupukan, namun yang dialami para petani ternyata pupuk menjadi langka serta beredar pupuk palsu. Seperti itulah beberapa contoh alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Sekarang sudah tau jawaban dari pertanyaan mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas? Jadi penyebab alat pemuas kebutuhan terbatas adalah (1) kebutuhan manusia yang terus meningkat, sedangkan sumber daya alam yang baru masih belum ditemukan, (2) sebagian manusia memiliki sifat serakah sehingga sumber daya alam cepat rusak, (3) persediaan sumber daya alam terbatas, dan (4) kemampuan manusia dalam mengolah sumber daya alam yang terbatas pula. Itulah jawaban dari pertanyaan tersebut. Semoga bermanfaat.