11 Negara Di Asia Tenggara Lengkap Beserta Keterangannya

08.52
Negara di Asia Tenggara beserta keterangannya akan diulas oleh finsgeo. Asia Tenggara adalah salah satu bagian dari benua Asia. Karakteristik Asia Tenggara dapat dilihat dari beberapa negara yang ada dalam benua tersebut. Peta Asia Tenggara juga akan disajikan untuk memperjelas lokasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Negara Di Asia Tenggara

Beberapa negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Myanmar, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Timor Leste. Dari 11 negara di Asia Tenggara tersebut, 10 diantaranya termasuk dalam negara anggota ASEAN, sedangkan sisanya yaitu Timor Leste.

Karakteristik Asia Tenggara

Luas wilayah Asia Tenggara yaitu sekitar 4,49 juta km2 dengan jumlah penduduk sekitar 641 juta jiwa.  Letak geografis Asia Tenggara tepatnya berada di sebelah selatan China dan sebelah timur India. Batas wilayah Asia Tenggara berbatasan dengan Australia di bagian selatan.

11 Negara Asia Tenggara

Wilayah Asia Tenggara secara umum dibedakan menjadi dua yaitu dataran utama dan daerah perairan. Dataran utama biasa disebut dengan Indochina yang meliputi negara dataran Eurasia yaitu Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Malaysia bagian barat. Sedangkan daerah perairan disebut Hindia Timur atau Kepulauan Melayu yang terdiri atas wilayah Singapura, Indonesia, Filipina, Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Malaysia bagian timur. Negara di Asia Tenggara tersebut terpisah dari dataran utama benua Asia.

Peta Asia Tenggara

peta asia tenggara
Source: vaticanjs.info

Negara-Negara Asia Tenggara Lengkap

Berikut adalah daftar 11 negara di Asia Tenggara beserta keterangannya dan karakteristik masing – masing negara di kawasan Asia Tenggara.

negara di asia tenggara

1. Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara bagian kepulauan dengan luas wilayah terbesar serta jumlah penduduk terbanyak di Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara pelopor dalam terbentuknya ASEAN.

Ibukota Indonesia adalah Jakarta, sedangkan mata uang yang digunakan yaitu rupiah. Letak geografis Indonesia sangat strategis karena berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia, dan diapit dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik.

Luas wilayahnya sekitar 1.904.569 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 253.609.643 jiwa. Bahasa yang biasa digunakan adalah bahasa Indonesia. Hari kemerdekaan Indonesia  pada 17 agustus 1945, serta lagu nasionalnya adalah Indonesia Raya.

2. Malaysia

Malaysia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara juga. Negara tetangga Indonesia ini wilayahnya terbagi menjadi dua, yaitu Malaysia bagian timur dan barat. Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur, dan mata uang yang digunakan di Malaysia yaitu ringgit.

Luas wilayah Malaysia sekitar 329.847 km2, dengan jumlah penduduk mencapai 30.073.353 jiwa. Bahasa yang sering digunakan adalah bahasa melayu. Hari kemerdekaan Malaysia pada 31 agustus 1957, serta lagu nasionalnya yaitu negaraku.

3. Singapura

Singapura merupakan negara terkaya di kawasan Asia Tenggara. Jika dilihat dari standar hidupnya, Singapura sudah mejadi salah satu negara maju di dunia. Pada faktanya, Singapura merupakan negara terkecil di Asia Tenggara berdasarkan luas wilayahnya.

Ibukota Singapura adalah Singapura. Luas wilayahnya hanya sekitar 697 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 5.567.301 jiwa. Bahasa yang digunakan sangat beragam, yaitu bahasa inggris, mandarin, tamil, dan melayu. Mata uang yang digunakan yaitu dolar Singapura (SGD). Hari kemerdekaannya pada 9 agustus 1965, dengan lagu nasionalnya yaitu majulah Singapura.

4. Brunei Darussalam

Brunei merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang tergolong memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, dapat dikatakan sebagai negara maju di Asia Tenggara. Negara dengan ibukota Bandar Seri Begawan ini kayak akan minyak bumi, dan gas alam.

Luas wilayah Brunei Darussalam sekitar 5.765 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 422.675 jiwa. Mata uang yang digunakan yaitu dolar Brunei (BND), dengan bahasa resminya yaitu bahasa melayu. Hari kemerdekaannya pada 1 januari 1984, dengan lagu nasional Allah peliharakan sultan.

5. Thailand

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk kerajaan. Hanya Thailand yang menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tak pernah dijajah oleh negara lain. Ibukota Thailand yaitu Bangkok.

Luas wilayah Thailand sekitar 513.120 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 67.741.401 jiwa. Bahasa yang biasa digunakan yaitu bahasa Thai. Mata uangnya yaitu Baht, dengan lagu nasional phleng chat thai (national anthem of Thailand).

6. Filipina

Filipina termasuk salah satu dari 11 negara Asia Tenggara yang berbentuk kepulauan. Ibukota negara ini adalah Manila, dengan mata uang yang digunakan yaitu peso. Filipina menjadi negara dengan penduduk terbanyak kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.

Luas wilayah Filipina sekitar 300.000 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 107.668.231 jiwa. Bahasa yang biasa digunakan yaitu bahasa tagalog dan inggris. Hari kemerdekaannya pada 12 juni 1898 dengan lagu nasional lupang hinirang.

7. Laos

Laos juga termasuk dalam salah satu negara-negara di Asia Tenggara. Laos merupakan salah satu negara termiskin di Asia Tenggara jika dilihat dari pendapatan per kapita yang relatif rendah. Ibukota Laos yaitu Vientiane, sedangkan mata uang yang digunakan yaitu Kip Laos.

Luas wilayah Laos sekitar 236.800 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 6.803.699 jiwa. Bahasa resmi yang digunakan yaitu Laos. Hari kemerdekaannya pada 19 juli 1949, dengan lagu nasional pheng xat lao.

8. Myanmar

Myanmar merupakan negara Asia Tenggara yang dulu dikenal dengan sebutan nama Burma. Myanmar beribukota di Rangoon (Yangon). Myanmar adalah salah satu negara pelopor konferensi Asia Afrika yang pertamakali diadakan di Bandung. Mata uang yang biasa digunakan di negara ini yaitu kyat Myanmar.

Luas wilayah Myanmar sekitar 676.578 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 55.746.253 jiwa. Hari kemerdekaannya pada 4 januari 1948 dengan lagu nasional kaba ma kyei.

9. Vietnam

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang paling timur di semenanjung Indochina. Negara ini bekas jajahan Perancis. Ibukota Vietnam yaitu Hanoi, dengan mata uangnya yaitu dong.

Luas wilayah Vietnam sekitar 331.210 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 93.421.835 jiwa. Bahasa resminya Vietnam. Hari kemerdekaannya pada 2 september 1945 dengan lagu nasional tien quan ca.

10. Kamboja

Kamboja merupakan negara di Asia Tenggara yang dijuluki dengan nama negara seribu candi. Ibukota Kamboja adalah Phnom Penh, dengan mata uang yang biasa digunakan yaitu riel Kamboja. Bahasa yang biasa digunakan yaitu Khmer.

Luas wilayah Kamboja sekitar 181.035 km2 dengan penduduk mencapai 15.458.332 jiwa. Hari kemerdekaannya pada 9 november 1953 dengan lagu nasional nokoreach.

11. Timor Leste

Timor Leste atau timor timur merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang belum bergabung dengan ASEAN. Ibukotanya berada di Dili dengan mata uang yaitu dolar Amerika. Hari kemerdekaan Timor Leste pada tahun 1999 setelah lepas dari Indonesia dan mengandalkan sektor minyak dan kopi.

Itulah 11 negara di Asia Tenggara beserta keterangannya lengkap dengan mata uang dan ibukotanya. Negara-negara di Asia Tenggara telah membentuk organisasi ASEAN untuk bekerjasama dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya. Hanya Timor Leste saja yang belum bergabung. Semoga bermanfaat.