8 Negara Maju Di Benua Asia Beserta Ibukotanya Terlengkap

01.18
Negara maju di Asia ada cukup banyak. Mulai dari negara maju di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Barat akan dijelaskan finsgeo. Salah satu contoh negara maju di Asia Tenggara adalah Singapura. Meskipun mayoritas di Asia adalah negara berkembang, namun ada negara maju di benua Asia yang menjadi negara maju di dunia pula.

Negara maju adalah negara dengan standar hidup yang tinggi serta kondisi ekonomi yang tinggi pula. Patokan utama untuk menentukan contoh negara maju di dunia yaitu dilihat dari indeks pembangunan manusia (IPM) atau pendapatan per kapita dari suatu negara. Tak kalah dengan negara di Eropa, di benua Asia juga ada negara maju, baik negara maju di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Barat.

Source: researchgate.net

Perbedaan negara maju dan berkembang

Bagaimana perbedaan negara maju dan berkembang? Sebuah negara akan dikatakan negara maju dapat dilihat dari pembangunan serta tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Di negara maju, kemajuannya terlihat signifikan, sedangkan negara berkembang kemajuannya masih bertahap.

Karakteristik negara maju dan berkembang dapat dilihat dari beberapa indikator, yaitu pendapatan per kapita, pertumbuhan penduduknya, kesempatan kerja, angka harapan hidup, pemanfaatan lahan, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan kemajuan teknologi. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Source: blog.ruangguru.com

Negara Maju dan Berkembang di Asia Tenggara 

Di Asia Tenggara, negara mana saja yang termasuk negara maju dan berkembang? Indonesia tidak termasuk negara maju, melainkan negara berkembang di Asia Tenggara. Salah satu negara maju di Asia Tenggara adalah Singapura. Jika dilihat dari standar hidupnya Brunei Darussalam juga termasuk negara maju di Asia. Selain itu, negara lain di Asia Tenggara termasuk negara berkembang.

  • Negara maju di Asia Tenggara: Singapura, dan Brunei Darussalam
  • Negara berkembang di Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Laos, Filipina, Kamboja, Vietnam, dan Timor Leste. 

Negara Maju Di Asia 

Sebutkan negara maju di benua Asia? Jika Anda ditanya seperti itu, maka sangat tepat jika berada dalam ulasan negara maju di Asia. 

Negara Maju di Asia Tenggara

1. Singapura

Singapura adalah contoh negara maju di Asia Tenggara. Dapat dikatakan Singapura sebagai negara terkaya di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah terkecil di Asia Tenggara dan berdekatan dengan Indonesia. Singapura memiliki indeks pembangunan manusia dan pendapatan per kapita yang tinggi. Selain itu, negara Singapura juga dikenal sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

Source: worldblaze.in

2. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam termasuk contoh negara maju di benua Asia yang menjadi anggota AsEAN. Ibukota Brunei Darussalam yaitu Bandar Seri Begawan. Negara tersebut menjadi salah satu negara terkaya di Asia dengan jumlah pendapatan per kapita tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Negara Maju di Asia Timur

3. Jepang

Jepang termasuk contoh negara maju di Asia Timur. Selain itu, Jepang juga menjadi salah satu negara maju di dunia yang beribukota di Tokyo. Seperti Indonesia, Jepang juga termasuk negara kepulauan. Jepang sangat maju dalam bidang industri dan teknologi. Tak heran jika Jepang diangap sebagai negara termaju di Asia dan dunia dengan standar hidup dan pendapatan yang tinggi.

4. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di Asia Timur juga. Sama halnya seperti Jepang, negara Korea Selatan juga memiliki teknologi yang sangat maju. Ibukota Korea Selatan yaitu Seoul, dan dikenal dengan industri K-Pop dan drama yang populer.

5. Hongkong

Hongkong termasuk negara maju di benua Asia. Hongkong secara administrasi masuk dalam negara Cina, namun sudah dianggap negara sendiri. Hongkong memiliki nilai IPM yang tinggi sehingga memenuhi syarat untuk menjadi negara maju di Asia.

Negara Maju di Asia Barat 

6. Arab Saudi

Salah satu negara maju di Asia Timur adalah Arab Saudi yang beribukota di Riyadh. Negara Arab dikenal sebagai pusat peradaban agama Islam. Arab Saudi dikenal sebagai negara penghasil minyak dan menjadi negara maju di dunia.

7. Uni Emirat Arab

Selanjutnya yaitu Uni Emirat Arab merupakan contoh negara maju di Asia Barat yang sering dikenal dengan UEA, dan beribukota di Abu Dhabi. Seperti negara maju di Asia Barat yang lain, Uni Emirat Arab juga mengandalkan hasil minyak sebagai komoditas utamanya. Sektor pembangunan di negara ini juga berkembang pesat.

8. Qatar

Negara Qatar juga menjadi contoh negara maju di Asia Barat pula. Negara beribukota Doha ini juga sempat menjadi negara terkaya di dunia. Hal tersebut menunjukkan jika Qatar memiliki pendapatan per kapita tertinggi dari semua negara di dunia. Pembangunan dan industri minyak di Qatar juga berkembang pesat.

Demikian contoh negara maju di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Barat. Beberapa negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan sebagainya memiliki standar hidup yang tinggi dan kondisi ekonomi tinggi pula. Sekarang kalian sudah tau beberapa negara maju di benua Asia. Selanjutnya Anda bisa belajar tentang peran Indonesia dalam ASEAN dan negara di Asia Tenggara.