10 Peran Indonesia Dalam ASEAN Di Bidang Pendidikan Dan Ekonomi

21.38
Peran Indonesia dalam ASEAN sangat penting, terutama bagi wilayah Asia Tenggara. Tak hanya berperan dalam bidang politik saja, namun peran Indonesia dalam ASEAN di bidang pendidikan dan ekonomi juga cukup banyak.

ASEAN adalah organisasi antar negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara yang tergabung dalam ASEAN yang dibentuk pada 8 agustus 1967 serta menghasilkan kerjasama antar negara di Asia Tenggara.

peran Indonesia dalam ASEAN
Source: dotr.gov.ph
Dari beberapa negara dalam ASEAN, Indonesia merupakan negara terbesar serta yang terbebas dari penjajah lebih dulu. Pemimpin negara Indonesia juga dikenal sebagai pemimpin yang tangguh, cerdas dan berani. Peranan Indonesia dalam ASEAN sangat banyak. Adapun beberapa peranan Indonesia di Asia Tenggara dijelaskan finsgeo sebagai berikut.

Peran Indonesia Dalam ASEAN 

peran Indonesia dalam ASEAN di bidang ekonomi
Source: reizennaarthailand.nl

1. Menjadi Salah Satu Pendiri ASEAN

Indonesia adalah salah satu dari lima negara yang menjadi pendiri ASEAN. Dasar berdirinya ASEAN adalah deklarasi Bangkok. Deklarasi Bangkok ditanda tangai menteri luar negeri dari lima negara pendiri ASEAN diantaranya yaitu,
  • Adam Malik dari Indonesia
  • Tun Abdul Razak dari Malaysia
  • Rajaratnam dari Singapura
  • Narsisco Ramos dari Filipina 
  • Thanat Koman dari Thailand
Salah satu peran Indonesia dalam ASEAN sebagai pelopor kerjasama antar negara di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan. ASEAN menjadi wadah yang bermanfaat bagi negara di Asia Tenggara karena bisa menghasilkan kerjasama dengan negara lain.

2. Menjadi Salah Satu Pemimpin ASEAN

Peran Indonesia dalam ASEAN selanjutnya yaitu menjadi salah satu pemimpin ASEAN. Pada masa Presiden Suharto, Indonesia telah menjadi pemimpin ASEAN yang mampu menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai negara di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia juga memperkenalkan doktrin ketahanan nasional di Singapuran melalui menteri luar negeri Adam Malik untuk mempertegas tujuan ASEAN.

Indonesia juga mengajak para anggota ASEAN untuk mengevaluasi kesepakatan ekonomi yang sebelumnya, yang berkaitan dengan program kerjasama dalam berbagai bidang.

Peran Indonesia Dalam ASEAN di Bidang Politik

3. Menjadi Tuan Rumah KTT ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) merupakan pertemuan para pemimpin negara ASEAN untuk membicarakan pengembangan ekonomi dari setiap negara. Indonesia mendapat kepercayaan untuk mengadakan beberapa kali KTT ASEAN ini diantaranya,
  • KTT ASEAN ke 1 di Bali pada 23-24 februari 1976
  • KTT ASEAN ke 9 di Bali pada 7-8 oktober 2003
  • KTT ASEAN ke 18 di Jakarta pada 4-8 mei 2011
  • KTT ASEAN ke 19 di Bali pada 17-19 november 2011

4. Menciptakan Perdamaian Di Kawasan Asia Tenggara

Peran Indonesia dalam ASEAN di bidang politik, salah satunya dapat menciptakan perdamaian di wilayah Asia Tenggara. Indonesia banyak membantu penyelesaian konflik yang dialami oleh negara anggota ASEAN yang lain.
  • Di tahun 1987, Indonesia menjadi penengah saat konflik Kamboja dan Vietnam sehingga pada tahun 1991 kedua negara menyepakati perjanjian damai dalam konferensi Paris.
  • Indonesia juga menjadi penengah Moro National Front Liberation (MNFL) dengan Filipina, kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk berdamai pada pertemuan di Indonesia.

5. Berpartisipasi Dalam Ajang Olahraga Kawasan Asia Tenggara, SEA Games

peran Indonesia dalam ASEAN di bidang olahraga adalah berpartisipasi dalam ajang olahraga Asia Tenggara. SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan bagi negara-negara di Asia Tenggara. SEA Games diadakan setiap dua tahun sekali, dan Indonesia sering menjadi tuan rumah ajang olahraga ini. 

6. Membentuk Komunitas Keamanan

Dalam bidang keamanan, Indonesia juga berperan dalam membentuk komunitas keamanan ASEAN. Tujuan dari komunitas keamanan ASEAN tersebut tak hanya di lingkungan militer, namun non militer juga seperti separatisme, perampokan, kejahatan lintas negara, terorisme, dan sebagainya. Komunitas tersebut dibuat untuk meningkatkan kerjasama di bidang politik serta keamanan lebih luas. 

7. Memberi Gagasan Pentingnya Hak Asasi Manusia

Hak asasi manusia menjadi isu yang kerap disorot di berbagai negara, terutama di Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu negara dengan masyarakat multikulturan yang mengajak negara anggota ASEAN agar tidak mengabaikan hak asasi manusia dan menaati norma ataupun aturan yang berkaitan dengan HAM dalam negara masing-masing. 

Peran Indonesia Dalam ASEAN di Bidang Pendidikan

peran Indonesia dalam ASEAN di bidang pendidikan
Source: inter.sc.chula.ac.th

8. Menjalin Kerjasama Dalam Bidang Pendidikan Dengan Negara Di Kawasan Asia Tenggara

Peran Indonesia dalam ASEAN di bidang pendidikan yaitu menjalin kerjasama dengan negara lain seperti halnya pertukaran pelajar. Hingga kini kerjasama di bidang pendidikan masih terus berjalan dan sudah terbukti manfaatnya bagi Indonesia dan negara lainnya. Banyak sekolah yang menjalin kerjasama dengan sekolah luar negeri yang menjadi anggota ASEAN, yang paling sering ditemukan yaitu kerjasama dengan Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Indonesia membuka kesempatan lebar bagi para pelajar dari negara lain untuk belajar di Indonesia, begitu juga negara lainnya. Tak hanya program pertukaran pelajar saja, namun juga kerjasama dalam bidang riset dan penelitian juga. 

Peran Indonesia Dalam ASEAN di Bidang Ekonomi

9. Mendukung Terbentuknya Integrasi Perekonomian

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sangat didukung Indonesia. Adanya MEA membuat kegiatan ekonomi di Indonesia dan negara anggota ASEAN semakin berkembang serta mendukung terbentuknya integrasi perekonomian yang baik antar negara di kawasan Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga meningkat serta meningkatkan lapangan pekerjaan. 

10. Ikut Aktif Dalam Menjalin Hubungan ASEAN Dengan Negara Maju

Peran Indonesia dalam ASEAN di bidang ekonomi lainnya yaitu ikut aktif menjalin hubungan antara ASEAN dengan negara maju yang berpengaruh. ASEAN bekerjasama dengan negara maju untuk mendapat keuntungan menyejahterakan masyarakat di negara ASEAN. Beberapa negara maju yang bekerjasama dengan ASEAN yaitu Jepang, Cina, dan beberapa negara di Eropa. 

Demikian ulasan peranan Indonesia dalam ASEAN di bidang ekonomi, pendidikan, dan politik. Semoga ulasan finsgeo tersebut dapat menambah pengetahuan Anda.