Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi Menunjukkan Bahwa Sumber Daya Terbatas

23.12
Kelangkaan sumber daya ekonomi menunjukkan bahwa sumber daya terbatas. Selain itu, kelangkaan sumber daya ekonomi menjadi salah satu permasalahan ekonomi yang harus dihadapi manusia. Masalah kelangkaan sumber daya ekonomi berhubungan erat dengan kebutuhan manusia.

Dalam masyarakat suatu saat akan terjadi keterbatasan sumber daya ekonomi sehingga tak dapat dapat memenuhi kebutuhan semua orang. Anda pernah menyimak melalui televisi atau surat kabar beberapa waktu lalu pernah terjadi kelangkaan minyak tanah, seperti itulah contoh kelangkaan sumber daya ekonomi tersebut.

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi Menunjukkan Bahwa Sumber Daya Terbatas

Di bidang pertanian, Anda mendengar juga bahwa setelah masa tanam selesai maka akan diadakan pemupukan, namun beda yang dialami para petani karena pupuk langka dan ada pupuk palsu yang beredar. Itu adalah salah satu contoh kelangkaan sumber daya ekonomi di bidang pertanian. Tidak dipungkiri jika kelangkaan sumber daya ekonomi menunjukkan bahwa sumber daya terbatas. Deretan kasus tersebut sebenarnya merupakan suatu konsep kelangkaan yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Apa yang dimaksud kelangkaan sumber daya ekonomi? Kelangkaan sumber daya ekonomi merupakan salah satu permasalahan yang akan dihadapi oleh manusia. Manusia memiliki kebutuhan yang selalu bertambah. Oleh karena itu, perlu adanya alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa. Jumlah barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup relatif terbatas atau langka.

Mengapa Terjadi Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi?

Dalam kenyataannya, jumlah sumber daya ekonomi cukup banyak. Oleh karena itu, timbul pertanyaan “Mengapa jumlah barang dan jasa yang banyak itu dapat dikatakan langka?” Kelangkaan bukan berarti semuanya sulit ditemukan atau diperoleh. Kelangkaan juga berarti alat yang digunakan sebagai pemuas kebutuhan jumlah tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.
Berdasarkan kasus tersebut, kelangkaan mengandung dua pengertian, yaitu:
  • Alat pemenuhan kebutuan tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan hidup
  • Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan diperlukan pengorbanan yang lain. 
Masalah kelangkaan sumber daya ekonomi akan selalu dihadapi para pelaku ekonomi. Masalah kelangkaan sumber daya merupakan masalah bagaimana orang dapat memenuhi kebutuhan yang banyak serta beraneka ragam dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Baca juga: pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas?

Faktor Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi 

Faktor apa saja yang menyebabkan terjadi kelangkaan? Penyebab kelangkaan sumber daya dilihat dari sudut ekonomi disebabkan oleh faktor yaitu:
  • Kebutuhan manusia terus meningkat, sedangkan sumber daya alam yang baru masih belum ditemukan. 
  • Sebagian manusia memiliki sifat serakah, sehingga persediaan sumber daya alam menjadi cepat berkurang dan berakibat rusak.
  • Persediaan sumber daya ekonomi yang terbatas.
  • Kemampuan manusia dalam mengolah sumber daya alam yang terbatas. 
Perlu disadari jika kelangkaan sumber daya ekonomi menunjukkan bahwa sumber daya terbatas. Dalam menghadapi masalah kelangkaan, ilmu ekonomi sangat berperan karena masalah ekonomi yang sebenarnya yaitu bagaimana Anda sebagai manusia dapat menyeimbangkan antara keinginan yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Kebutuhan manusia terus meningkat dan beragam seiring perkembangan zaman. Kebutuhan tersebut dipenuhi dengan alat pemuas kebutuhan hidup yang terbatas. Oleh karena itu, sumber daya ekonomi memiliki sifat khusus, seperti barang langka karena jumlahnya yang terbatas.

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi Menunjukkan Bahwa Sumber Daya Terbatas

Pengertian Sumber Daya Ekonomi

Sumber daya ekonomi adalah setiap macam alat berupa barang maupun jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dalam kegiatan produksi, sumber daya merupakan faktor produksi yang terdiri dari tenaga kerja, tanah, dan modal untuk menghasilkan barang serta mendistribusikannya. Sumber daya dapat berupa pula kesempatan atau keadaaan. Kelangkaan sumber daya ekonomi akan menjadi masalah jika memang terjadi. 

Peluang seseorang membuka usaha juga dapat dikatakan sebagai sumber daya, misalnya di suatu daerah belum ada produsen roti, padahal permintaannya cukup besar dan harus mendatangkan dari daerah lain. Oleh karena itu, Anda membuka usaha pembuatan roti di daerahnya, maka kesempatan Anda tersebut juga dapat dikatakan sebagai sumber daya.

Jenis Sumber Daya Ekonomi

Sumber daya ekonomi tergolong menjadi tiga yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia (tenaga kerja), dan sumber daya modal. Kelangkaan sumber daya ekonomi tersebut akan menjadi sangat penting untuk dikaji. 

1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai usaha. Alam sebagai faktor produksi menyediakan tanah, air, tumbuh-tumbuhan, hewan, barang tambang, dan sebagainya. Sumber daya alam memiliki beberapa sifat penting.

Penyebaran sumber daya alam yang tidak merata akan menimbulkan perdagangan antar negara dan antar daerah dan pembagian kerja. Hal itu menjadikan keahlian penduduk di suatu daerah berbeda satu sama lain. Kelangkaan sumber daya ekonomi yang sering terjadi yaitu di sumber daya alam.

2. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah faktor penting dalam suatu organisasi. Kemampuan manusia sangat luas, apalagi jika dikembangkan kualitas dan kemampuannya. Peranan sumber daya manusia sangat penting dan tidak mungkin diabaikan. Sumber daya manusia akan menentukan perkembagan dunia industri dan perkembangan teknologi untuk kesejahteraan umat manusia.

Pemanfaatan sumber daya manusia yang berkualitas akan mendatangkan hasil maksimal bagi suatu negara, misalnya di Jepang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas sehingga Jepang dikatakan sebagai negara yang maju. Sumber daya berkualitas dapat ditentukan dari keahlian, pengalaman, dan kondisi fisik seseorang. 

3. Sumber Daya Modal

Sumber daya modal adalah faktor penting yang digunakan dalam proses produksi lebih lanjut untuk menghasilkan suatu barang lain. Ketersediaan modal yang lebih banyak, akan membuat produksi barang dan jasa yang dibutuhkan juga tersedia banyak pula.

Kebutuhan manusia terus meningkat dan beragam seiring perkembangan zaman. Kebutuhan tersebut dipenuhi dengan alat pemuas kebutuhan hidup yang terbatas. Oleh karena itu, sumber daya ekonomi memiliki sifat khusus, seperti barang langka karena jumlahnya yang terbatas.

Demikian ulasan tentang kelangkaan sumber daya ekonomi menunjukkan bahwa sumber daya terbatas. Selanjutnya Anda bisa mempelajari tentang sumber daya modal untuk memperdalam materi tentang kelangkaan. Semoga bermanfaat.