Pengertian Pasar Monopoli Serta Ciri-ciri Dan Contohnya Lengkap

16.57
Pasar monopoli adalah bentuk struktur pasar yang hanya memiliki satu penjual yang menguasai perdagangan barang atau jasa sehingga pembeli tidak dapat menemukan pedagang yang lain. Berbeda dengan fungsi pasar monopolistik, karakteristik pasar monopoli yaitu penjual dapat menentukan harga dan dapat memperoleh keuntungan yang tinggi. Keuntungan akan berpusat pada satu penjual saja.

pasar monopoli
Source: satujam.com

Pengertian Pasar Monopoli

Pengertian pasar monopoli termasuk dalam pasar persaingan tidak sempurna. Pengertian pasar monopoli merupakan pasar yang berpusat pada satu penjual saja. Beberapa artikel pasar monopoli sudah banyak bertebaran di internet. Berikut ini finsgeo akan menjelaskan tentang ciri-ciri pasar monopoli dan contohnya lengkap.

Ciri-ciri Pasar Monopoli

Bagaimana karakteristik pasar monopoli? Pasar monopoli memiliki ciri-ciri berikut ini,
  1. Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli.
  2. Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang pengganti yang sempurna.
  3. Rintangan yang cukup kuat untuk masuk ke pasar monopoli, baik dari penguasaan sumber daya alam, biaya produksi yang tidak efisien sampai peraturan pemerintah.
  4. Pembeli tidak memiliki pilihan lain dalam membeli barang.
  5. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan saja.
  6. Harga ditentukan oleh perusahaan. 

Faktor Yang Mempengaruhi Pasar Monopoli

Ciri utama pasar monopoli adalah tertutupnya pintu masuk ke pasar sehingga pesaing tidak dapat masuk ke pasar dan bersaing dengan penguasa pasar. Pesaing akan sulit bahkan tidak dapat masuk ke pasar. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:
  1. Sumber daya yang termasuk bahan mentah dikuasai oleh satu perusahaan. Hal itu menunjukkan bahan utama atau bahan mentah untuk memproduksi barang tersebut hanya dikuasai satu perusahaan saja sehingga tidak mungkin bagi perusahaan lain untuk memperolehnya. 
  2. Pemerintah memberi hak ekslusif kepada sebuah perusahaan untuk memproduksi dan menjual barang tertentu. 
  3. Biaya produksi menjadi lebih efisien jika hanya ada satu produsen tunggal yang membuat produk tersebut. Hal itu dapat dikatakan sebagai monopoli alamiah yang dapat terjadi karena kondisi alam suatu daerah atau negara.

Kelebihan Pasar Monopoli

Salah satu pertanyaan tentang pasar monopoli yang sering ditanyakan yaitu, apa kelebihan pasar monopoli? Jika ditinjau dari struktur pasarnya, pasar monopoli memiliki banyak kelebihan. Selain itu, pasar monopoli juga memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:
  • Keuntungan penjual yang cukup tinggi karena tidak ada pesaing. Penjual di pasar monopoli dapat menentukan harga dan mengambil keuntungan sebesar-besarnya. 
  • Penguasaan atas produk yang menguasai hajat hidup orang banyak yang biasanya diatur oleh pemerintah. Hal itu menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semena-mena. Penentuan harga yang sebesar-besarnya dapat mengundang kecaman dari konsumen. 

Kekurangan Pasar Monopoli

Pertanyaan tentang pasar monopoli lainnya yaitu, apa kekurangan pasar monopoli? Bentuk pasar monopoli cukup banyak mendapat tantangan karena akibat buruk yang ditimbulkannya. Selain itu, ada juga hambatan pasar monopoli yang perlu diperhatikan. Beberapa kelemahan pasar monopoli, diantaranya sebagai berikut:
  • Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang. Bagi konsumen, hal tersebut dapat menjadi suatu hal yang menjengkelkan. Konsumen juga menginginkan pilihan dalam pembelian barang. 
  • Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan saja. Perusahaan monopoli selalu mendapat keuntungan yang tinggi dan tidak ada perusahaan lain yang mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut. 
  • Terjadi eksploitasi oleh pasar monopolis terhadap pembeli. Produsen dapat menaikkan harga terutama jika terjadi peningkatan dalam permintaan dan berakibat konsumen dapat dirugikan.

Peranan Pemerintah Dalam Pasar Monopoli

Pemerintah selalu berusaha untuk mencegah atau mengurangi dampak negative dari adanya pasar monopoli. Hal itu dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:
  • Pemerintah mencegah timbulnya monopoli itu sendiri dengan cara menciptakan undang-undang antimonopoli.
  • Pemerintah memberikan izin kepada perusahaan baru yang menghasilkan barang yang sama. Hal itu dilakukan untuk menciptakan pesaing bagi perusahaan yang sudah ada.
  • Pemerintah menambah penawaran barang dalam negeri dengan cara impor sehingga pemegang monopoli tidak leluasa lagi mengendalikan harga. Perusahaan monopoli harus mengusahakan produksi yang efektif dan efisien agar tidak ada pesaing yang menggeser kedudukannya. 
  • Pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi. Penetapan harga eceran tertinggi tersebut oleh pemerintah, seperti harga pupuk untuk petani, dan harga obat di apotek. Dengan demikian toko alat pertanian, dan apotek tidak diperbolehkan menjual produk melebihi harga eceran tertinggi. 
Produsen yang beroperasi di pasar monopoli dapat menetapkan harga jual barangnya dengan tingkat harga yang ditentukan pasar monopolis. Hal tersebut akan berlawanan arah dengan jumlah barang yang dapat dijual. Jadi apabila ada seorang monopolis yang ingin menjual barangnya dalam jumlah banyak maka ia harus menurunkan harga jualnya. 

Sumber Pasar Monopoli

  • Ditetapkan oleh hukum, di Indonesia sudah diatur dalam undang-undang.
  • Monopoli alamiah, tercipta dengan sendirinya karena pasar tidak efisien.
  • Monopoli dengan lisensi, tercipta karena adanya pihak yang mendaftarkan hak paten atau hak cipta. 

Contoh Pasar Monopoli Di Dunia

Pemerintah sengaja menciptakan monopoli demi melayani kepentingan publik. Contoh pasar monopoli di Indonesia seperti hak mengelola BBM kepada PT. Pertamina, hak mengelola kereta api kepada PT. KAI dan listrik kepada PT. PLN.

karakteristik pasar monopoli
Source: gatoet11.wordpress.com

Penutup Pasar Monopoli

Suatu penyimpangan dari persaingan sempurna disebabkan oleh adanya elemen-elemen pasar monopoli. Hal tersebut akan mengakibatkan penentuan harga yang salah, penyaluran sumber daya ekonomi yang tidak tepat akan menimbulkan pemborosan, dan terjadinya laba pasar monopoli. 

Demikian artikel pasar monopoli yang bisa finsgeo ulas. Pengertian pasar monopoli telah dijelaskan beserta ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan, serta contohnya. Selanjutnya Anda bisa mempelajari hukum gossen 1 dan 2 agar lebih paham tentang pelajaran ekonomi. Semoga bermanfaat.