Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Serta Ciri-ciri Dan Contohnya Lengkap

17.49

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar adalah tempat konsumen memperoleh barang atau jasa. Ada empat struktur pasar barang atau jasa, diantaranya yaitu pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar monopolistik, dan pasar oligopoli. Anda dapat menemukan banyak produsen di pasar yang menawarkan barang atau jasa. Pasar merupakan tempat untuk memperoleh barang atau jasa agar kebutuhan dapat terpenuhi.

Menurut pandangan produsen, pasar merupakan tempat menawarkan produk baik berupa barang atau jasa. Sedangkan menurut konsumen, pasar adalah tempat diperolehnya berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan. Jadi dapat diartikan, pasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan produsen dan konsumen untuk membentuk kesepakatan harga pasar. Dengan kata lain, harga pasar ditentukan oleh permintaaan dan penawaran. Salah satu struktur barang atau jasa yaitu pasar persaingan sempurna yang akan dikaji lebih dalam oleh finsgeo.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Apa yang dimaksud pasar persaingan sempurna? Pengertian pasar persaingan sempurna adalah pasar yang kondisi penjual dan pembelinya sangat banyak serta jenis produk yang dijual bersifat homogen dan terdapat permintaan dan penawaran secara bebas. Contoh barang yang dijual di pasar persaingan sempurna yaitu beras, gandum, kentang, wortel, dan sebagainya.

pasar persaingan sempurna

Ditinjau dari segi harga, pengertian pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memungkinkan penjual dan pembeli mendapat kesepakatan harga bersama, sehingga penentuan harga barang yang dijual di pasar persaingan sempurna ditentukan oleh kesepakatan bersama. Penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga barang secara individu dalam pasar persaingan sempurna.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Menurut Ahli

Berikut pengertian pasar persaingan sempurna menurut para ahli di bidang ekonomi, diantaranya yaitu:
  • Menurut Adiwarman A. Karim (2007), pengertian pasar persaingan sempurna adalah pasar yang membuat penjual tidak dapat menentukan harga dan hanya dapat menjual sesuai harga yang berlaku di pasar. Pasar persaingan sempurna saat kondisi paling ekstrim yaitu saat penjual tidak bisa menentukan harga sama sekali.
  • Menurut Wilson Bangun (2007), pengertian pasar persaingan sempurna adalah bentuk struktur pasar yang paling tua di dunia. Struktur pasar tersebut sangat efektif digunakan sebuah negara yang membutuhkan kebebasan bertransaksi.
  • Menurut Sadono Sukirno (2005), pengertian pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana ada banyak penjual dan pembeli. Setiap penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga produk di pasar. 

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

Karakteristik pasar persaingan sempurna pada umumnya bertujuan untuk mempertemukan berbagai produsen yang menjual produk sama dengan kualitas yang berbeda, tapi harga jual sama dengan menyesuaikan harga yang telah ditentukan oleh pasar. 

Permintaan dapat terbentuk karena cerminan keinginan pembeli, sedangkan penawaran terbentuk karena keinginan penjual. Salah satu contoh pasar persaingan sempurna dengan produsen kecil yang jumlahnya banyak dengan produk yang jenisnya sama seperti beras, sayuran, jagung, dan sebagainya.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri tertentu sehingga dapat membedakan dengan struktur pasar yang lain. Berikut ciri-ciri pasar persaingan sempurna, diantaranya yaitu:
  1. Jumlah penjual dan pembeli banyak sehingga setiap perusahaan hanya menghasilkan produk yang sangat kecil apabila dibandingkan dengan keseluruhan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Setiap pembeli hanya membeli produk dalam jumlah sangat kecil daripada keseluruhan produk yang dijual di pasar. 
  2. Produk yang dijual bersifat homogen. Hal tersebut menunjukkan produk yang dihasilkan oleh satu perusahaan dengan perusahaan lain bersifat sama. Semua produk dipandang sama oleh konsumen.
  3. Perusahaan atau penjual bebas untuk keluar masuk pasar persaingan sempurna. Hal tersebut menunjukkan perusahaan di pasar tidak dihalangi untuk keluar pasar serta perusahaan baru tidak memiliki hambatan untuk memasuki pasar. Dengan jumlah barang yang banyak, pembeli secara bebas dapat membeli produk. 
  4. Penjual dan pembeli memiliki pengertian pasar persaingan sempurna serta informasi mengenai biaya, harga, dan kualitas barang dapat diketahuo oleh pembeli dan penjual secara langsung. Masing-masing penjual dan pembeli mengetahui harga barang di pasar sehingga akan sulit untuk memainkan harga.
  5. Distribusi produk relatif lancar. Dengan jumlah barang yang banyak, maka distribusi produk menjadi relatif lancar. Pembeli tidak mengalami kesulitan untuk memperoleh barang. 

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

pengertian pasar persaingan sempurna

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Ada beberapa kelebihan pasar persaingan sempurna yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa kebaikan pasar persaingan sempurna jika dibandingkan dengan bentuk pasar lain. 
  • Penjual bebas membuka dan menutup usahanya dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Hal tersebut dapat menguntungkan bagi penjual yang ingin mengganti usahanya.
  • Barang yang tersedia di pasar jumlahnya banyak sehingga pembeli bebas memilih barang yang akan dibeli.
  • Penjual dan pembeli dapat mencapai kepuasan maksimal karena harga terbentuk dari hasil tawar-menawar antar kedua belah pihak.
  • Informasi sempurna yang didapatkan produsen dan konsumen menjadikan tidak ada pesaing yang tinggi. 
  • Harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun, baik produsen ataupun konsumen. 

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Selain memiliki kelebihan pasar persaingan sempurna, ada juga kekurangan pasar persaingan sempurna yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa kelemahan pasar persaingan sempurna. 
  • Penjual memperoleh keuntungan yang relatif kecil karena penjual hanya bertindak sebagai penerima harga. Hal tersebut akan merugikan penjual yang berusaha memaksimalkan labanya.
  • Pasar persaingan sempurna hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal.

Sistem Harga Pasar Persaingan Sempurna

Sistem harga pasar persaingan sempurna ditentukan oleh kesepakatan antara penjual dan pembeli. Struktur pasar persaingan sempurna akan terjadi jika produsen tidak dapat mempengaruhi harga di pasar secara individu. Para produsen hanya bertindak sebagai penerima harga (price taker). Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli secara individual bertindak sebagai price taker. Tidak ada perusahaan yang dapat menerima laba diatas laba normal dalam jangka panjang. 

ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Salah satu contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar yang menjual beras. Dalam pasar beras telah memenuhi ciri-ciri pasar persaingan sempurna yaitu,
  • Penjual dan pembeli beras menyesuaikan harga beras dengan harga yang sudah ditentukan sehingga tidak bisa menentukan harga sendiri. 
  • Penentuan harga beras berdasarkan kesepakatan hasil tawar-menawar permintaan bersa yang ada di masyarakat. 
  • Pasar komoditi beras relatif homogen, sehingga harga setiap jenis beras pada umumnya sedikit berbeda.
  • Jumlah produsen dan konsumen komoditi beras sama-sama banyak. 
Dalam pasar komoditi beras masih ada campur tangan dengan Bulog. Untuk penentukan harga pada umumnya disesuaikan dengan permintaan masyarakat serta faktor lain. Harga akan mengikuti hukum penawaran dan permintaan sehingga harga akan naik jika permintaan naik, begitu juga sebaliknya. 

Penutup Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna jarang sekali dijumpai di dunia nyata. Tidak ada pasar yang benar-benar bersifat persaingan sempurna, ada beberapa yang kecenderungan ke bentuk pasar persaingan sempurna. Meskipun demikian, pembahasan soal ciri-ciri pasar persaingan sempurna serta kelebihan dan kekurangannya sangat penting untuk dipelajari untuk menganalisis struktur pasar yang ada. 

Demikian penjelasan mengenai pengertian pasar persaingan sempurna dengan ciri-ciri dan contohnya lengkap. Salah satu struktur pasar yang baik yaitu pasar persaingan sempurna. Beberapa makalah pasar persaingan sempurna dapat ditemukan dengan mudah di internet. Selanjutnya Anda dapat mempelajari sistem ekonomi tradisional, komando, pasar dan campuran. Semoga bermanfaat.