Pengertian Pasar Uang Serta Fungsi, Tujuan, Instrumen, Lembaga Dan Contohnya

06.18

Pasar Uang

Pasar uang termasuk dalam salah satu pasar input. Pasar input merupakan pasar yang berkaitan dengan jual beli faktor-faktor produksi. Anda tentu masih ingat dengan pengertian pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi terhadap barang atau jasa menggunakan uang sebagai alat tukarnya.

Pengertian Pasar Uang

Pengertian pasar uang adalah sebuah pasar yang menjadi tempat bertemunya para pemilik dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Pada pertemuan tersebut bisa dilakukan secara langsung atau melalui perantara dari transaksi permintaan atau penawaran sejumlah dana atau surat-surat berharga.

pasar uang
Source: bankrate.com
Pada pasar uang, yang menjadi komoditas untuk diperdagangkan yaitu uang tersebut. Uang yang diperdagangkan dapat berupa surat berharga dan valuta asing. Pasar uang termasuk dalam pasar abstrak, dimana pasar tersebut mengadakan transaksi jual beli terhadap suatu barang namun barangnya tidak ada dalam pasar tersebut. Ada barang contoh seperti surat berharga dalam jumlah terbatas. Barang yang diperjualbelikan adalah uang, namun digantikan dengan surat berharga jangka pendek dengan batas waktu hingga satu tahun.

Pengertian Pasar Uang Menurut Ahli

Pengertian pasar uang menurut para ahli, salah satunya yaitu menurut M. Irsan Nasarudin, pengertian pasar uang adalah sebuah sarana yang menyediakan pembiayaan jangka pendek yakni kurang dari satu tahun. Tidak seperti pasar modal yang memiliki tempat fisik, pasar uang pembiayaannya dilakukan berdasarkan pada pinjaman. 

Pasar uang melayani berbagai pihak seperti perusahaan asuransi, bank, pemerintah, dan lembaga keuangan lain. Beberapa hal yang diperdagangkan dalam pasar uang seperti surat-surat berharga pemerintah, surat perusahaan, dan lembaga pasar uang yang aktif. 

Fungsi Pasar Uang

Fungsi pasar uang adalah sebagai sarana alternatif, terutama bagi lembaga-lembaga keuangan, berbagai perusahaan non keuangan, dan peserta lainnya untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendek ataupun menempatkan dana atas kelebihan keuangannya. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi pasar uang yang harus Anda pahami.
  • Dapat menjadi penampung dana dari surat berharga jangka pendek.
  • Dapat dijadikan sebagai perantara jual beli berbagai surat berharga jangka pendek.
  • Dapat dijadikan sebagai sumber dana untuk perusahaan melakukan investasi,
  • Dapat menjadi perantara bagi investor luar negeri dalam menyalurkan kredit jangka pendek dengan perusahaan dalam negeri.

Tujuan Pasar Uang

Ada beberapa tujuan pasar uang yang perlu Anda ketahui, baik untuk pihak yang membutuhkan dana dan pihak yang memberikan dana atau modal diantaranya yaitu,

pengertian pasar uang
Source: educationcu.com

Tujuan pasar uang bagi pihak yang membutuhkan dana atau modal

  • Agar terpenuhi kebutuhan modal kerja,
  • Agar terpenuhi kebutuhan likuiditas,
  • Agar terpenuhi kebutuhan jangka pendek
  • Sebagai tempat berspekulasi.

Tujuan pasar uang bagi pihak yang memberikan dana atau modal

  • Dapat membantu pihak yang mengalami kesulitan dalam keuangan.
  • Memperoleh pendapatan dengan tingkat suku bunga tertentu.

Ciri-ciri Pasar Uang

Ciri-ciri pasar uang akan dijelaskan oleh finsgeo sebagai berikut. 
  • Mekanisme pasar uang lebih ditekankan untuk mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang memiliki kelebihan dana. 
  • Tidak terikat pada tempat tertentu, tidak sama dengan pasar modal.
  • Ada penekanan dalam pemenuhan dana jangka pendek.

Instrumen Pasar Uang

Instrumen pasar uang adalah suatu alat atau sumber dana yang digunakan transaksi di pasar uang. Apabila ada suatu lembaga pasar uang yang menghadapi maalah keuangan dalam jangka pendek, maka lembaga tersebut dapat memperoleh kredit dari bank. Surat berharga pasar uang yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dapat diperjualbelikan. Di Indonesia, ada beberapa surat berharga dan dana yang diperdagangkan di pasar uang, diantaranya yaitu:
  1. Sertifikat Berharga Pasar Uang (SBPU) adalah surat berharga jangka pendek yang dapat diperjualbelikan secara diskonto oleh Bank Indonesia.
  2. Sertifikat Bank Indonesia merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh Bank Indonesia sebagai pengakuan utang jangka pendek serta dapat diperjualbelikan.
  3. Sertifikat deposito adalah depostio berjangka dari unjuk yang diperdagangkan.
  4. Call money adalah kegiatan pinjam meminjam dana antar bank dalam jangka kurang dari satu tahun. 
  5. Repurchase agreement adalah transaksi jual beli surat-surat berharga yang disertai perjanjian bahwa penjual akan membeli surat-surat berharga tersebut yang sudah dijual dengan harga dan tanggal yang telah ditetapkan lebih dulu. 
  6. Banker’s acceptance adalah wesel berjangka yang telah ditarik seorang importer atau eksportir atas suatu bank untuk membayar sejumlah barang. 
  7. Commercial paper adalah kertas-kertas pembendaharaan negara.
  8. Promissory notes yaitu promes.
  9. Obligasi pemerintah. 

Lembaga Pasar Uang

Lembaga pasar uang adalah bank, koperasi, perusahaan asuransi, yayasan dana pensiun, dan lembaga keuangan lainnya. Pelaku pasar uang tersebut sering melakukan transaksi dalam pasar uang. 
Sumber dana di pasar uang dapat berasal dari berbagai sumber, diantaranya yaitu:
  • Dana yang berasal dari masyarakat umum.
  • Kelebihan uang kas BUMN
  • Dana dari bank-bank pemerintah dan swasta.
  • Dana dari perusahaan-perusahaan.
  • Dana dari lembaga keuangan bukan bank, seperti asuransi, dana pensiun, dan leasing.
Apabila suatu lembaga pasar uang, baik banak maupun perusahaan menghadapi masalah keuangan atau membutuhkan uang dalam jangka pendek, lembaga tersebut dapat memperoleh kredit dari bank. Surat berharga pasar uang (SBPU) dikeluarkan oleh Bank Indonesia serta dapat diperjualbelikan. Keuntungan dari pembeli SBPU adalah bunga atau diskonto.

Mekanisme Pasar Uang

Dalam mekanisme pasar uang, biasanya akan ada penekanan untuk mempertemukan kedua belah pihak yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana serta pihak yang membutuhkan dana. Dalam pemenuhan dana jangka pendek biasanya terdapat penekanan. Berbeda dengan pasar modal, transaksi pasar uang tidak terikat pada tempat tertentu. 

Keuntungan dan Resiko Pasar Uang

Keuntungan pasar uang yaitu sebagai sarana untuk mencari pinjaman ataupun modal jangka pendek. Jika Anda seorang pengusaha yang mengalami kesulitan permodalan terutama modal jangka pendek, maka Anda dapat memanfaatkan pasar uang tersebut untuk memenuhinya. Jika kebutuhan permodalan Anda sudah membaik, maka Anda dapat menjual kelebihan modal tersebut di pasar uang. 

Resiko pasar uang yaitu adanya kemungkinan memperoleh hasil yang lebih rendah daripada yang diharapkan sehingga mengakibatkan kerugian. Resiko investasi dalam pasar uang tersebut dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis yaitu:
  • Resiko pasar (market risk) adalah resiko yang terkait dengan turunnya tingkat suku bunga. Perubahan tingkat suku bunga dapat mengakibatkan perubahan harga dalam surat berharga.
  • Resiko gagal bayar (reinvestment risk) adalah resiko yang terjadi akibat peminjam tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai janji yang telah disepakati. 
  • Resiko inflasi yaitu resiko yang terjadi jika pemberi pinjama menghadapi kenaikan harga barang dan jasa yang dapat menurunkan daya beli.
  • Resiko valuta asing yaitu resiko yang terjadi jika ada investor internasional yuang mengalami kerugian akibat adanya perubahan yang tak menguntungkan terhadap kurs mata uang asing. 

Contoh Pasar Uang

Salah satu contoh pasar uang adalah ada sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan modal, dan dia memiliki SBPU. Surat berharga pasar uang yang dimiliki perusahaan tersebut dapat diperjualbelikan untuk memperoleh dana untuk permodalan, tentunya dengan kesepakatan tertentu.

Kesimpulan Materi Pasar Uang

Pasar uang merupakan pasar yang digunakan sebagai tempat bertemunya antara pemilik dana dengan orang yang membutuhkan sehingga akan terjadi transaksi. Barang yang diperjualbelikan adalah uang. 

Demikian pengertian pasar uang serta fungsi, tujuan, ciri-ciri, lembaga, instrumen, mekanisme dan contohnya. Selanjutnya Anda dapat mempelajari tentang sistem ekonom tradisional, komando, pasar, dan campuran serta hukum gossen 1 dan 2. Semoga bermanfaat.