Pengertian Pasar Modal Serta Tujuan, Peran, Produk Dan Contohnya Di Indonesia

06.04
Pasar modal adalah tempat dana dan investasi jangka panjang diperjualbelikan, seperti saham, obligasi dan sekuritas jangka panjang lainnya. Peserta pasar modal terdiri atas penjual surat berharga dan para pembelinya.

Pasar Modal

Para pembeli di pasar modal melakukan permintaan surat-surat berharga jangka panjang karena mencari tempat yang aman untuk menanamkan modalnya. Pembeli surat berharga tersebut terdiri dari perusahaan asuransi, perusahaan besar, bank tabungan, yayasan dana pensiun, dan perorangan.

Penawaran surat berharga di pasar modal dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan dana. Dalam kehidupan sehari-hari, pasar modal lebih dikenal dengan bursa efek. Surat berhara yang diperdagangkan di pasar modal pada umumnya berupa saham atau obligasi. Untuk mengurangi resiko dalam menanamkan uang di pasar modal, para investor perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Surat berharga yang dibeli harus tercantum dalam daftar resmi yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia
  • Makelar atau komisioner yang ditunjuk harus menjadi anggota Bursa Efek Indonesia. 
pasar modal
Source: klikbabel.com

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud pasar modal? Di materi pasar modal, tentu ada pertanyaan seperti itu. Berikut ada beberapa pengertian pasar modal menurut para ahli.

  1. Menurut Irham (2011:34), pengertian pasar modal adalah pasar tempat dana-dana modal seperti utang dan ekuitas diperdagangkan.
  2. Menurut Sunariyah (2006:5), pengertian pasar modal adalah tempat bertemunya antara penawaran dan permintaan surat berharga.
  3. Menurut Suad Husnan (2205:3), pengertian pasar modal yaitu sebagai pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang dapat diperjualbelikan, baik dalam bentuk modal sendiri ataupun hutang.
  4. Menurut Fahmi dan Hadi (2009:41), pengertian pasar modal adalah tempat berbagai pihak, khususnya perusahaan penjual saham dan obligasi, yang bertujuan agar dari hasil penjualan tersebut dapat digunakan sebagai tambahan dana serta memperkuat modal perusahaan. 
  5. Menurut Martalena dan Malinda, pasar modal terdiri atas dua kata yaitu pasar dan modal. Pasar modal diartikan sebagai wadah bertemunya antara permintaan dan penawaran terhadap modal, baik dalam bentuk ekuitas ataupun jangka panjang.

Peran Pasar Modal

Faktor modal memiliki peran penting dalam dunia usaha. Modal yang terkumpul akan digunakan untuk mengembangkan usahanya. Badan usaha yang memerlukan modal dapat dipenuhi dengan cara kredit bank atau menjual surat berharaga di pasar modal. Peranan pasar modal yaitu sebagai sarana bagi pihak yang menyalurkan dana dengan pihak yang membutuhkan dana. 

Tujuan Pasar Modal

Tujuan pasar modal akan dijelaskan finsgeo dalam ulasan berikut. Berikut tujuan dari adanya pasar modal di Indonesia. 
  1. Memberikan kesempatan memiliki perusahaan yang sehat.
  2. Menyediakan sumber pembayaran jangka panjang bagi dunia usaha sekaligus mengalokasikan sumber dana secara optimal.
  3. Menyebarkan kepemilikan perusahaan hingga lapisan masyarakat menengah.
  4. Mengelola perusahaan secara terbuka dan mendorong pemanfaatan manajemen professional.
  5. Membina iklim keterbukaan bagi dunia usaha serta memberikan kontrol sosial. 
pengertian pasar modal
Source: maxmanroe.com

Produk Pasar Modal

Produk pasar modal yang diperjualbelikan terbagai menjadi dua yaitu surat berharga yang bentuknya uang dan surat berharga berbentuk kepemilikan. Pasar modal memiliki jangka waktu yang panjang yaitu lebih dari satu tahun (long term instrument). Ada pula beberapa instrumen pasar modal yang diperdagangkan. Berikut beberapa produk pasar modal yang sering diperjualbelikan.

1. Saham biasa (common stock)

Saham biasa merupakan salah satu produk pasar modal. Jenis saham tersebut digunakan sebagai tanda kepemilikan seseorang ataupun suatu badan dalam perusahaan. Sedangkan saham unggulan (blue chips) merupakan salah satu jenis saham biasa yang diterbitkan perusahaan besar dan terkenal yang menunjukkan kemampuannya dalam pembayaran deviden dan memperoleh keuntungan. Contoh saham unggulan di pasar modal yaitu PT. Unilever Tbk, dan PT. Gudang Garam Tbk.

2. Bukti Right (right issue)

Bukti right merupakan upaya membeli saham baru yang dikeluarkan oleh pihak emiten bagi pemodal. Investor yang berkaitan tidak diwajibkan membelinya. Resiko investasi right issue dari pihak investor adalah kerugian dalam jual beli saham (capital loss) atau menurunnya deviden tiap saham.

3. Obligasi (bond)

Obligasi termasuk salah satu produk pasar modal. Obligasi adalah surat pengakuan utang dari perusahaan dengan kemampuan membeli utang tersebut dan bunganya sesuai waktu yang ditetapkan. Bunga menjadi keuntungan dari suatu obligasi dan dapat dibayar secara tahunan atau semester sesuai kesepakatan.

4. Saham istimewa (preferend stock)

Saham preferen adalah saham yang memberikan hak spesial kepada pemegangnya. Hak spesial tersebut seperti hak menukar sahamnya dengan saham biasa, hak manajemen dan pencalonan pengurus, dan hak menerima deviden. Resiko yang diterima saham preferen lebih kecil daripada saham biasa. Saham preferen memiliki karakteristik seperti obligasi dan saham biasa. 

5. Waran (warrant)

Warant merupakan hak membeli saham biasa dalam waktu serta harga yang telah ditentukan. Waran termasuk dalam instrumen pasar modal. Waran biasanya dijual bersama dengan surat berharga lainnya seperti saham dan obligasi. 

6. Reksadana (mutual fund)

Reksadana termasuk dalam produk pasar modal selanjutnya. Pengertian reksadana adalah tempat menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, yang kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi dalam bentuk kumpulan surat berharga. Keuntungan dari investasi reksadana akan diperoleh dari tiga sumber yaitu deviden, capital gain, dan peningkatan nilai aktiva bersih.

Reksadana Pasar Uang Terbaik

Reksadana pasar uang adalah salah satu instrumen pasar uang yang kini banyak dilirik orang. Hal itu karena resikonya rendah namun return yang diperoleh lebih besar daripada deposito.

Mayoritas aset reksadana pasar uang berupa surat berharga dengan jatuh tempo di bawah satu tahun. Dana yang Anda alokasikan tersebut akan dikelola manajer investasi yang profesional. Kini banyak produk reksadana pasar uang. Seperti yang dilansir dari moneysmart.id, berikut 10 reksadana pasar uang terbaik yang masih dapat dibeli dan terbuka pula untuk individu, yaitu:
  • Emco pasar uang berkembang
  • Majoris pasar uang Indonesia
  • Prospera dana lancar
  • Valbury money market 1
  • Lancar victoria merkurius
  • Sucorinvest money market fund
  • Ascend dana lancar
  • Syailendra dana kas
  • Cipta dana cash
  • Maybank dana pasar uang
pasar modal adalah
Source: merdeka.com

Manfaat Pasar Modal

Apakah pasar modal memberikan manfaat? Berikut ada beberapa manfaat pasar modal yang harus Anda ketahui.
  • Pasar modal digunakan sebagai alternatif investasi
  • Pasar modal sebagai wadah pengalokasian dana secara efisien
  • Pasar modal menjadikan investor memiliki perusahaan yang sehat dan prospek yang baik
  • Pelaksanaan manajemen perusahaan yang transparan dan profesional
  • Peningkatan aktiva ekonomi nasional

Contoh Pasar Modal Di Indonesia

Sebutkan contoh pasar modal di Indonesia? salah satu contoh pasar modal di Indonesia yang dimiliki pemerintah secara resmi adalah Bursa Efek Indonesia. Kantor Bursa Efek Indonesia ada dua yaitu di Surabaya dan Jakarta. Sedangkan contoh pasar modal di dunia yaitu New York Stock Exchange, Japan Stock Exchange, London Stock Exchange, Eurenext, dan Deutsche Borse.

Perbedaan Pasar Modal Dan Pasar Uang

Apa perbedaan pasar uang dan pasar modal? Pasar uang adalah sebuah tempat dimana terjadi permintaan dan penawaran surat berharga dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Sedangkan pasar modal adalah sebuah wadah tempat bertemunya pihak yang memerlukan dana panjang dan pihak yang menawarkan dana. Berikut beberapa perbedaan pasar modal dan pasar uang.
  • Pasar uang memiliki jangka waktu pendek, sedangkan pasar modal memiliki jangka waktu yang panjang.
  • Produk yang diperjualbelikan dalam pasar uang yaitu Sertifikat Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang, Deposito, dan lainnya. Sedangkan produk yang diperjualbelikan dalam pasar modal yaitu saham, obligasi, dan reksadana.
  • Hasil yang diperoleh dalam pasar uang berupa bunga, sedangkan hasil dari pasar modal berupa deviden dan capital gain.
  • Pelaksana dalam pasar uang yaitu Bank Indonesia, sedangkan pelaksana dalam pasar modal yaitu perusahaan efek dan Bursa Efek Indonesia
  • Peranan pasar uang yaitu sebagai piranti operasi pasar terbuka, sedangkan peranan pasar modal yaitu sebagai alternatif pendanaan untuk perusahaan dan investasi bagi pemilik modal.

Kesimpulan Pasar Modal

Demikian pengertian pasar modal serta tujuan, peran, produk, dan contohnya di Indonesia. Pasar modal merupakan tempat bertemunya pihak yang memiliki dana serta pihak yang memerlukan dana dalam jangka waktu yang panjang. Produk yang diperjualbelikan dalam pasar modal berupa surat berharga seperti saham dan obligasi. Selanjutnya Anda dapat mempelajari pengertian pasar uang serta fungsi dan instrumennya lengkap. Semoga bermanfaat.