Sumber Daya Modal Dapat Berbentuk Apa Dan Contohnya

17.15
Sumber daya modal dapat berbentuk apa? Menurut ilmu ekonomi, pengertian sumber daya modal yaitu hasil produksi yang digunakan dalam proses produksi lebih lanjut untuk meghasilkan barang yang lain. Suatu usaha menambah barang modal disebut investasi (pembentukan modal). Investasi sangat penting untuk pembangunan karena dengan adanya modal yang lebih banyak, maka produksi barang dan jasa yang dibutuhkan menjadi lebih banyak pula.

sumber daya modal dapat berbentuk
Source: flexjobs.com

Sumber Daya Modal Dapat Berbentuk Apa?

Modal dapat dibedakan jadi beberapa jenis, Hal itu dapat dilihat dari penggunaannya dalam proses produksi, bentuk, kepemilikan, dan sumbernya.

1. Sumber Daya Modal Dilihat Dari Penggunaannya

Berikut perbedaan sumber daya modal ditinjau dari penggunaan modal dalam proses produksi yang dapat dibedakan menjadi modal tetap dan modal lancar.

  • Modal tetap merupakan modal yang dapat dipakai lebih dari satu kali proses produksi. Contoh sumber daya modal ini yaitu mobil, pabrik, peralatan, dan mesin. 
  • Modal lancar merupakan modal yang habis pakai dalam sekali proses produksi saja. Contoh sumber daya modal lancar yaitu bahan baku pabrik roti seperti telur, mentega, tepung terigu, gula pasir dan aroma yang akan habis dalam sekali proses produksi.

2. Sumber Daya Modal Dilihat Dari Bentuknya

Sumber daya modal dapat berbentuk sebagai modal konkret dan modal abstrak. Berikut penjelasannya ditinjau dari sudut dan bentuknya. 
  • Modal konkret (nyata) merupakan modal yang dapat dilihat dalam proses produksi. Contoh sumber daya modal nyata yaitu mesin, mobil, peralatan, dan gudang.
  • Modal abstrak merupakan modal yang tidak terlihat, namun kegunaannya bisa dirasakan. Contoh sumber daya modal abstrak yaitu keahlian seseorang, merek dagang, dan akta pendirian perusahaan.

3. Sumber Daya Modal Dilihat Dari Kepemilikan

Ditinjau dari sudut pemilikan modal, sumber daya modal bisa dibedakan menjadi modal perseorangan dan modal masyarakat. 
  • Modal individu atau perseorangan merupakan modal yang dimiliki oleh individu. Contoh sumber daya modal individu yaitu upah, sewa tanah, dan bunga deposito.
  • Modal sosial atau masyarakat merupakan modal yang berasal dari banyak orang yang digunakan untuk kepentingan masyarakat. Contoh sumber daya modal masyarakat yaitu modal di PDAM, PT KAI, dan PT Telkom.

4. Sumber Daya Modal Dilihat Dari Sumbernya

Dilihat dari sumbernya, sumber daya modal dapat dibedakan menjadi modal sendiri dan modal pinjaman. 
  • Modal sendiri adalah modal yang berasal dari pribadi dan digunakan untuk usaha. Modal sendiri memiliki resiko penuh jika perusahaan mengalami kegagalan. Contoh sumber daya modal ini yaitu uang tunai, tabungan, dan saham. 
  • Modal pinjama adalah modal yang diperoleh dari pihak lain, modal pinjaman dapat disebut sebagai modal asing. Contohnya seperti kredit dari bank atau lembaga keuangan. 
Itulah beberapa pengertian sumber daya modal serta bentuk dan contohnya. Sumber daya modal juga termasuk dalam salah satu sumber daya ekonomi. Semoga bermanfaat.