Cara Membuat Nomor Halaman Di Word Berbeda Letak Untuk Skripsi

19.43
Bagaimana cara membuat nomor halaman di word untuk skripsi? Penulisan skripsi menggunakan Microsoft word tentunya akan Anda lakukan, apalagi saat kuliah. Jika Anda seorang mahasiswa, maka akan selalu mendapat tugas dari dosen, terlebih lagi mahasiswa tingkat akhir akan disibukkan dengan skripsi. Anda tidak akan lepas dengan software Microsoft word. Menyusun skripsi atau tugas karya ilmiah sangat mudah jika mampu menggunakan fitur Ms word dengan baik, salah satunya yaitu pemberian nomor halaman yang berbeda pada skripsi atau tugas yang akan dikerjakan.

cara membuat nomor halaman di word untuk skripsi

Pada umumnya penulisan dokumen non karya ilmiah dalam penomoran setiap halaman letaknya selalu tetap, sedangkan pada skripsi penulisan nomor halaman berbeda letak antara setiap halaman. Jenis format penomoran skripsi juga berbeda dengan lainnya. Pemberian nomor halaman tidak terbatas pada satu format saja, misalnya Anda harus memisahkan halaman judul, dan halaman daftar isi menggunakan nomor halaman dengan format angka romawi kecil, serta memisahkan halaman yang berisi konten setiap bab, daftar pustaka.

Bagaimana Cara Membuat Nomor Halaman Di Word Untuk Skripsi?

Saat Anda membuat makalah atau menyusun skripsi menggunakan Microsoft word, maka tidak perlu membuat banyak file untuk memisahkan halaman sampul, daftar isi, daftar gambar, konten bab, dan daftar pustaka. Anda dapat menyimpan file tersebut menjadi satu file ms word meskipun dengan format halaman yang berbeda pula. Bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda letak di word? Itu;lah yang akan finsgeo ulas berikut.

Pada ms word ada sebuah fitur yang dapat digunakan untuk membagi file ms word menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan. Fitur tersebut disebut dengan section. Dengan menggunakan fitur section tersebut, Anda dapat membuat format nomor halaman yang berbeda di word.

Bagaimana Cara Kerja Section Untuk Membuat Nomor Halaman Yang Berbeda?

Ketika membuat file baru di Microsoft word, maka secara default akan terbentuk satu section. Dalam setiap halaman yang terdapat pada satu section tersebut, maka pengaturan pada satu halaman lain akan diberlakukan sama dengan halaman lainnya, sehingga cara untuk membuat halaman berbeda di word sangat sederhana. Anda hanya perlu membuat section berbeda pada setiap format halaman yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti beberapa cara membuat nomor halaman di word untuk skripsi di bawah ini.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak Di Word Untuk Skripsi Dan Makalah

Saat menyusun skripsi di ms word, biasanya terdapat aturan penulisan nomor halaman skripsi. Pada bagian pertama merupakan bagian sampul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan sebagainya. Pada bagian tersebut dalam penulisan skripsi digunakan format nomor angka romawi kecil yang diletakkan pada bagian tengah bawah, sedangkan pada bagian sampul ada pengecualian tersendiri dimana nomor halamannya tidak ditampilkan. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari cara membuat nomor halaman di word untuk skripsi yang akan diulas berikut ini.
  1. Untuk mengatur halaman di word, silakan klik insert > page number > bottom of page > plain number Pengaturan nomor halaman tersebut bertujuan untuk meletakkan halaman di bagian tengah bawah.
  2. Selanjutnya yaitu cara menghilangkan nomor halaman pada sampul, silakan klik insert > header > edit header. Lalu akan terbuka tab design dan centang different first page untuk menghilangkan nomor halaman pada sampul, kemudian klik close header and footer. 
  3. Jika halaman yang muncul bukan angka romawi kecil, maka Anda harus merubahnya dulu dengan cara klik insert > page number > format page numbers
  4. Kemudian pada jendela page number format dapat diubah number format menjadi: i, ii, iii, ... dan ubah start at menjadi i. Lalu klik OK untuk menyimpan perubahan format nomor halaman tersebut. 
  5. Selanjutnya Anda tinggal menulis bagian pengantar tersebut mulai dari bagian sampul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar gambar, penomoran halaman tersebut secara otomatis berubah menjadi angka romawi kecil di bagian tengah. Itulah salah satu cara membuat nomor halaman di word untuk skripsi.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Setiap Awal Bab Untuk Skripsi 

Aturan penomoran halaman skripsi yang selanjutnya yaitu penulisan nomor halaman yang berbeda di setiap awal bab. Pada setiap awal bab, penomoran halaman umumnya diletakkan di bagian bawah tengah dengan format nomor biasa. Kemudian untuk halaman bab selanjutnya yang tidak ada judul bab, maka penomoran halaman skripsi diletakkan di bagian sudut kanan atas dengan format nomor biasa, dan melanjutkan nomor halaman pada awal bab. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti cara membuat nomor halaman berbeda letak di setiap awal bab berikut ini.
  1. Pastikan semua bagian skripsi mulai dari bagian pengantar, konten, sampai penutup berada dalam 1 dokumen. Jika file skripsi terpisah dalam beberapa file, maka jadikan satu file terlebih dulu. Hal itu akan memudahkan Anda dalam membuat daftar isi otomatis di word.
  2. Cara memberi penomoran isi bab skripsi yang ada judul bab, silakan klik pada halaman judul bab, seperti contoh Bab 1 Pendahuluan, dan pastikan kursor berada di kiri tulisan Bab.
  3. Pilih menu page layout > breaks > continous, dengan memilih menu tersebut tulisan akan bergeser satu baris ke bawah. 
  4. Tekan double klik pada bagian footer halaman sampai masuk dalam mode edit, hingga nomor halaman itu terseleksi seperti gambar.
  5. Kemudian hilangkan centang menu link to previous tersebut agar halaman itu mempunyai nomor halaman berbeda dengan halaman sebelumnya.
  6. Pilih menu insert > page numbers > format page number, dan pilih format nomor 1,2,3. Lalu pilih opsi start at dan masukkan nomor halaman, misalnya mulai dari nomor satu. Lalu tekan Ok untuk menyimpan perubahan format nomor halaman.
  7. Posisi format nomor 1,2,3 di tengah seharusnya hanya untuk halaman yang terdapat judul bab, sedangkan untuk halaman isi selanjutnya menggunakan format nomor halaman 1,2,3 yang diletakkan di pojok kanan atas.
  8. Silakan klik pada halaman bab lanjutan yang tidak ada judul babnya. Pastikan posisi kursor ada di bagian kiri atas sebelum tulisan. 
  9. Pilih menu page layout > breaks > continous, agar halaman itu dan setelahnya dapat berbeda dengan halaman sebelumnya. (biasanya akan bergeser satu baris ke bawah, nanti bisa dibenarkan manual)
  10. Pada halaman itu, double klik pada bagian header sampai masuk ke mode editor header. Pilih tab design > hilangkan centang link to previous.
  11. Pilih menu insert > page number > top of page, kemudian pilih plain number page 3 agar posisi nomor halaman ada di pojok kanan atas halaman. 
  12. Pilih menu insert > page number > format page number dan pilih 1,2,3 lalu start at masukkan nomor halaman mulai sesuaikan saja.
  13. Pada halaman itu pada umumnya masih ada nomor halaman di bagian tengah karena mengikuti format nomor sebelumnya bisa dihapus. 
  14. Double klik di bagian footer, lalu masuk mode edit footer dan format number terseleksi. Klik menu desain > hilangkan centang menu link to previous
  15. Pilih menu insert > page number > remove page number, maka format number di bawah halaman itu akan terhapus. 
Jika Anda ingin halaman selanjutnya memiliki perbedaan format nomor halaman berbeda dengan halaman sebelumnya, maka Anda dapat melakukan klik page layout > breaks > continous.

Itulah berbagai cara membuat nomor halaman di word berbeda letak untuk skripsi. Saat Anda ingin memasukkan nomor di halaman maka double klik pada header dimana posisi nomor itu ditampilkan, dan jangan lupa menghilangkan centang link to previous di menu desain, kemudian insert number atau hapus format nomor halaman yang ingin dirubah.

Untuk menghapus nomor halaman yang tidak ingin ditampilkan dalam posisi tersebut, jangan menggunakan tombol delete, namun harus melalui menu insert > page number > remove page number. Perlu diingat, sebelum menghapusnya Anda harus menghilangkan centang pada link to previous di menu design pada halaman tersebut.

Cara membuat nomor halaman berbeda letak di word ini tidak hanya membedakan penomoran setiap halaman saja, Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat format halaman berbeda dengan satu sama lain. Cara membuat nomor halaman di word untuk skripsi akan membantu Anda dalam menyusun skripsi, mulai dari penomoran, ukuran kertas, orientasi halaman, header dan footer, dan sebagainya.