Lembaga Keuangan Bukan Bank Serta Fungsi, Jenis, Dan Manfaatnya

15.53

Lembaga Keuangan Bukan Bank

Pengertian lembaga keuangan bukan bank adalah suatu badan usaha yang melaksakan kegiatan di bidang keuangan, baik itu secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dan menyalurkannya ke masyarakat untuk membiayai investasi perusahaan. Pembinaan dan pengawasan lembaga keuangan bukan bank dilakukan oleh Departemen Keuangan.

Berdasarkan surat keputusan menteri keuangan RI, lembaga keuangan bukan bank adalah setiap lembaga yang melaksanakan aktivitas keuangan secara langsung ataupun tidak langsung serta menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga serta menyalurkan dana tersebut untuk pembiayaan investasi di berbagai perusahaan.

lembaga keuangan bukan bank
Source: muttaqin.id

Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank

Ada beberapa fungsi lembaga keuangan bukan bank yang harus Anda ketahui agar semakin memahami materi ini.

  • Pemberi bantuan modal
  • Mengumpulkan dana dari masyarakat 
  • Memajukan perekonomian pasar uang dan pasar modal

Manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga keuangan bukan bank memiliki peranan yang penting dalam perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia. Adanya lembaga keuangan bukan bank tersebut dapat memajukan perekonomian masyarakat. Berikut beberapa manfaat lembaga keuangan bukan bank bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

  • Berperan menjadi perantara perusahaan-perusahaan di Indonesia.
  • Menghimpun dana dari masyarakat dengan cara menerbitkan surat berharga.
  • Memberi fasilitas kredit kepada perusahaan swasta dan pemerintah, baik dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. 
  • Menjadi perantara bagi perusahaan untuk memperoleh tenaga ahli di bidang finansial. 
  • Dapat menyertakan modal perusahaan dan penjualan saham di pasar modal.
  • Melakukan kegiatan usaha lain di bidang keuangan dengan persetujuan menteri keuangan republik Indonesia.

Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

Ada beberapa jenis lembaga keuangan bukan bank yang perlu Anda pelajari:

1. Perusahaan leasing atau lembaga pembiayaan

Perusahaan leasing merupakan salah satu badan usaha lembaga keuangan bukan bank. Perusahaan leasing adalah perusahaan yang melakukan kegiatan pembiayaan dengan cara menyediakan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat.

Baca juga: hukum gossen 1 dan 2

2. Koperasi simpan pinjam

Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga keuangan non bank yang menghimpun dana dari masing-masing anggotanya serta menyalurkannya lagi kepada anggota ataupun non anggota. Sumber pemasukan koperasi tersebut dari anggota dan pinjaman dari lembaga keuangan lain.

3. Perum pegadaian

Pegadaian adalah bentuk badan usaha yang memberikan pinjaman kepada nasabah dengan meminta jaminan. Pegadaian tersebut melayani orang-orang yang membutuhkan pinjaman uang dalam jumlah kecil. Perum pegadaian merupakan salah satu badan usaha milik negara yang bergerak di bidang jasa gadai serta melayani masyarakat umum.

Baca juga: pengertian pasar modal

4. Pasar modal

Pasar modal merupakan salah satu contoh lembaga keuangan bukan bank. Pasar modal adalah tempat bertemunya emiten dan investor untuk mengadakan transaksi untuk memperoleh modal. Pelaku yang terlibat di pasar modal yaitu emiten, perusahaan efek, reksa dana, dan perusahaan publik.

5. Perusahaan dana pensiun

Perusahaan dana pensiun diselenggarakan dengan tujuan memberikan jaminan kesejahteraan bagi karyawan dan keluarganya saat pensiun atau mengalami kecelakaan saat kerja yang mengakibatkan cacat atau meninggal dunia. Dana pensiun dapat berperan aktif dalam pembiayaan pembangunan.

6. Perusahaan asuransi

Asuransi adalah perjanjian tentang seorang penanggung yang mengikatkan diri kepada seorang yang tertanggung dengan menerima premi untuk memberikan penggantian kerugian atau kerusakan karena suatu peristiwa. Ada dua jenis asuransi yaitu asuransi jiwa, dan asuransi kerugian.

Baca juga: pengertian pasar uang

7. Perusahaan modal ventura

Perusahaan modal ventura adalah sebuah lembaga keuangan non bank yang menyediakan permodalan kepada perusahaan dengan prospek bisnis menjanjikan dengan kegiatan beresiko tinggi serta memerlukan modal besar.

Demikian ulasan tentang fungsi lembaga keuangan bukan bank. Pengertian dan jenis lembaga keuangan non bank juga dijelaskan dalam ulasan tersebut. Ada juga beberapa manfaat dari lembaga keuangan bukan bank. Selanjutnya Anda dapat mempelajari perbedaan bank umum dan bank syariah. Semoga bermanfaat.